PERBEDAAN LED SINGLE COLOR, DUAL COLOR DAN FULLCOLOR

2 December 2020, 2:24 pm by antelove19


Perbedaan LED single color, dual color dan fullcolor Secara text terjemahan, orang akan langsung mengetahui apa perbedaan antara LED single, dual dan fullcolor. Single itu satu warna, dual color itu dua warna dan fullcolor itu semua warna. Namun kali ini akan dibahas tentang aspek teknis perbedaan dari ketiga jenis LED diatas. Bahasan perbedaan ketiga jenis LED ini menjadi penting, karena untuk pemula atau pembeli awam agar dapat mengetahuinya sebelum merakit atau membeli. Jika sudah memahami maka akan lebih mudah untuk menentukan pilihan ingin menggunakan jenis LED yang mana. Berikut ini perbedaan ketiganya:

  1. Type warna Single color berarti satu warna dan satu dot warna LED. Merah saja, hijau, kuning, putih atau biru saja. Dua color terdiri dua LED warna dalam satu pixel (titik). Dual color umumnya red green dan yellow sebagai hasil perpaduannya. Dual color juga dapat terdiri dari warna merah-putih atau merah-biru, namun ketersediaan part untuk warna tersebut sangat jarang. Berikutnya LED RGB, atau type fullcolor. Type ini dapat membentuk 7 warna hingga ribuan warna tergantung jenis kontrol yang digunakan. Untuk LED RGB yang mampu membentuk hingga ribuan warna biasa nya disebut videotron atau megatron. Videotron ini sudah support untuk file video, bukan lagi sekedar runningtext biasa.
  2. Hub konektor yang digunakan Selain jenis warna yang jelas berbeda, hub konektor yang digunakan berbeda. Hal ini disebabkan proses scaning sari masing-masing type modul LED berbeda. Umumnya single color menggunakan hub 12, dual color hub 08 sedangkan fullcolor menggunakan hub 75 atau 74. Terkadang untuk type fullcolor ada yang menggunakan hub 12 sebagai conektornya, namun hal ini bersifat khusus untuk modul tertentu. Type fullcolor juga bisa menggunakan 2 pin hub 08 dengan converter output 1 pin hub75 yang menghasilkan maksimal 7 warna.
  3. Penggunaan dan harga Meskipun tampak lebih sederhana, LED single color masih menjadi produk yang laris bagi pelanggan. Selain murah, perawatan LED single color relatif lebih mudah. Untuk type dualcolor, harga lebih tinggi dari harga LED single color. Perawatan modul LED lebih sulit sari single color. Tampilan LED dual color, lebih menarik karena terdiri dari 3warna Untuk type fullcolor, harga paling tinggi dari type LED yang lain, karena memang bisa menampilkan warna lebih banyak. Type fullcolor umumnya digunakan untuk perakitan videotron kabinet. Yang nanti nya juga ada perbedaan tingkat kecerahan untuk setiap modul fullcolor mulai dari 5000cd hingga 8000cd. Bahkan untuk saat ini type fullcolor mengeluarkan 2 model LED yaitu DIP dan SMD. Dimana DIP 1 titik pixel memiliki 3 lampu LedRGB sedangkan SMD 1 lampu Led bisa mengeluarkan 3 warna RGB.

Demikian perbedaan yang mendasar dari ketiga type LED single, dual dan fullcolor. Bagi pemula atau pembeli led display harus mampu membedakan dan menentukan jenis Led yang akan digunakan. Jika sudah memahami hal ini, harapannya tidak ada lagi keputusan salah membeli atau ketidakpuasan dalam menentukan spesifikasi produk. Meski terlihat sederhana, ilmu tentang LED display sangat luas. Bahasan tentang perbedaan type LED diatas adalah sebagian kecil dari pengetahuan LED. Perkembangan LED display juga begitu pesat dan dinamis, dari waktu ke waktu varian yang diproduksi pun begitu banyak dan berubah-ubah. Kita harus selalu terus belajar dan memahaminya.



Keywords:


Video not yet
0 comment